Pages Navigation Menu

Download Makalah Gratis

UU Paten Terbaru 2016: Undang-Undang No. 13 Tentang Paten

 

SOSIALISASI UU NO. 13 TENTANG PATEN

 

PENGANTAR UU PATEN 2016 (UU No 13 Tentang Paten)

Paten merupakan Kekayaan Intelektual yang diberikan oleh Negara kepada inventor atas hasil Invensinya di bidang teknologi yang mempunyai peranan strategis dalam mendukung pembangunan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum. Sistem Kekayaan Intelektual merupakan instrumen penting dari kebijakan ekonomi dan perdagangan di sebagian besar negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Paten oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada tanggal 28 Juli 2016 merupakan awal dari suatu sejarah dalam bidang perlindungan Kekayaan Intelektual khususnya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, inovasi dan teknologi. Pemerintah Republik Indonesia telah mensahkan dan memberlakukan Undang-Undang Paten baru yaitu Undang-Undang Nomor 13 tahun 2016 tentang Paten[1][1] (UU Paten 2016). Perubahan terhadap UU Lama menunjukkan bahwa Pemerintah memiliki komitmen yang tinggi untuk memberikan pelayanan terbaik di bidang Kekayaan Intelektual dan ingin mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik dengan mendorong Invensi nasional di bidang teknologi untuk mewujudkan penguatan teknologi. Amandemen terhadap UU No. 14 tahun 2001 tentang Paten (UU Paten Lama) dianggap belum bisa maksimal dimanfaatkan para peneliti baik swasta maupun pemerintah disamping pengaturan paten juga belum bermanfaat secara langsung bagi pelaku usaha dan aparat pemerintah sebagai pelaksana Undang-Undang sehingga belum bisa menjadi faktor penggerak ekonomi nasional.

Mengingat Pentingnya Undang-Undang No. 13 Tentang Paten ini maka kami PT. Pratama Indomitra Konsultan (A member of Kreston International) menyelenggarakan Pelatihan dalam bentuk Publik training terkit Pemberlakukan UU Paten Baru tahun 2016.

 

HIGHLIGHTS MATERI PELATIHAN

  1. Mengetahui basic dasar dan latar belakang serta bentuk-bentuk perlindungan Hak Kekayaan Intelektual;
  2. Mengetahui perspektif Internasional perlindungan Hak Kekayaan Intelektual;
  3. Penyesuaian Administrasi mekanisme pendaftaran Paten diajukan secara elektronik.
  4. Penyempurnaan ketentuan pemanfaatan Paten oleh Pemerintah.
  5. Pengecualian atas tuntutan pidana dan perdata untuk Impor Paralel (parallel import) dan Provisi Bolar (bolar provision).
  6. Invensi berupa penggunaan kedua dan selanjutnya (second used dan second medical used) atas Paten yang sudah habis masa pelindungan (public domain) tidak diperbolehkan.
  7. Imbalan bagi peneliti Aparatur Sipil Negara sebagai inventor dalam hubungan dinas dari hasil komersialisasi Patennya.
  8. Penyempurnaan ketentuan terkait invensi baru dan langkah inventif untuk publikasi di Perguruan Tinggi atau lembaga ilmiah nasional.
  9. Paten dapat dijadikan objek jaminan fidusia, Paten dapat dialihkan dengan cara wakaf.
  10. Menambah kewenangan Komisi Banding untuk memeriksa permohonan koreksi atas deskripsi, klaim, atau gambar setelah Permohonan diberi paten dan penghapusan Paten yang sudah diberi.
  11. Ketentuan tentang pengangkatan dan pemberhentian ahli oleh Menteri sebagai Pemeriksa.
  12. Adanya mekanisme masa tenggang terkait pembayaran biaya tahunan atas Paten.
  13. Pengaturan mengenai force majeur dalam pemeriksaan administratif dan substantif Permohonan.
  14. Pengaturan ekspor dan impor terkait Lisensi-wajib.
  15. Terdapat mekanisme mediasi sebelum dilakukannya tuntutan pidana.

Membuka kesempatan seluas-luasnya kepada industri nasional untuk memanfaatkan Paten yang telah berakhir masa pelindungannya secara optimal dan kewajiban membayar royalti.

TARGET PESERTA

Director, Managing Director, Commissioner, General Affair Manager, Corporate Secretary Staff, Legal Manager, Marketing Department, Public Relation Department, Production Manager, Research & Development Manager.

 

BIAYA INVESTASI

  • Rp 2.000.000,- Early Bird : 07 November 2016
  • Rp 2.500.000,- Harga Normal pembayaran paling lambat H+7
  • Biaya investasi tersebut berlaku untuk 1 peserta sudah termasuk 2x coffe break, 1x lunch, makalah, serta sertifikat.
  • Transfer biaya investasi Anda ke Rek. 166.2715900 BCA  KCP  Cimanggis a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan sebelum pelaksanaan lokakarya.

 

INSTRUKTUR

DR. Suyud Margono, SH., MHum., FCIArb (TIM Instruktur Pratama Indomitra Konsultan)

Secara singkat Beliau adalah Advokat, Konsultan Hukum, Konsultan Paten Terdaftar, Mediator dan founder pada Suyud Margono & Associates Law Firm.

Selain aktif berpraktek sebagai Konsultan Hukum beliau juga sebagai professional trainers dalam berbagai seminar dan training / workshop di bidang hukum bisnis dan korporasi. Beliau adalah Akademisi, diantaranya:

  • Dosen Fakultas Hukum, Universitas Tarumanagara, sejak tahun 2001
  • Dosen Hukum Bisnis pada GS FAME Business School & Institute sejak tahun 2004
  • Dosen Hukum Bisnis di Universitas Multimedia Nusantara (UMN)
  • Dosen Pascasarjana, penguji Tesis dan Disertasi di beberapa Universitas/Perguruan Tinggi di Indonesia.

Mengikuti Fellowship program, postgraduate studies on Intellectual Property Right pada Faculty of Law, University of Technology Sydney, Sydney-Australia.

Mengikuti special course Arbitrator kemudian tergabung dalam The Chartered Institute of Arbitrators berbasis di London-UK.

Doktor dalam Ilmu Hukum, Program Pascasarjana, Universitas Parahyangan, Bandung, 2009 – 2011.

Berkaitan dengan bidang Penelitian & Pengkajian beliau adalah narasumber / Tim Pengarah sekaligus anggota Tim Peneliti pada Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM R.I.

Dalam organisasi profesi aktif sebagai Anggota:

  • Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), 2004 – sekarang;
  • International Bar Association (IBA), 2001 – sekarang;
  • Asosiasi Advokat Indonesia (AAI), 1999 – sekarang;
  • Wakil Sekretaris Jenderal, Indonesia Intellectual Property Society (IIPS), 2001 – 2003;
  • Pendiri – anggota, Asosiasi Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Indonesia (AKHKI), 2006 – sekarang;
  • Wakil Sekretaris Jenderal, Asosiasi Mediator Indonesia (AMINDO), 2007 – sekarang;
  • Associate member – The Chartered Institute of Arbitrator (CIArb), 2007 – sekarang;
  • Ketua – (Pengurus Bidang Riset & Perundang-Undangan) Asosiasi Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Indonesia (AKHKI) periode 2009 – 2013.

Beliau menangani beberapa klien untuk perusahaan Nasional (swasta, BUMN, Perusahaan Publik, Perusahaan Terbuka) dan perusahaan multinasional, (Joint venture maupun Perusahaan asing).

Beliau Director Program pada Continung Legal Education, Ltd serta Pengurus Dewan Redaksi jurnal hukum “Global Law Review”. Beliau juga penulis buku yang cukup produktif di bidang Hukum bisnis diantaranya: Hukum Yayasan – Dillema Tujuan Karitatif atau Komersial (2000), Alternative Dispute Resolution & Arbitrase (2001), Pembaharuan Hukum Merek (2001), Hukum Hak Cipta (2003), Hukum Investasi di Indonesia (2007), Hukum Perusahaan di Indonesia (2008), Hukum Anti monopoli (2009), Komersialisasi Aset Intelektual (2010), Hukum Hak Cipta Indonesia: Teori & Analisis Harmonisasi ketentuan WTO-TRIPS Agreement (2010, Penyelesaian Sengketa Bisnis & Mediasi (2010), Hak Milik Industri: Pengaturan dan Praktek di Indonesia (2011).

 

REGISTRASI ONLINE

Formulir Pendaftaran Training Pratama Indomitra
  1. Indentitas Diri Calon Peserta
  2. (wajib)
  3. (wajib)
  4. (wajib)
  5. (wajib)
  6. Pelatihan Hendak Diikuti
  7. (wajib)
  8. (wajib)
  9. Mengetahui informasi ini dari


  10. Identitas Perusahaan
  11. (wajib)
 

Atau klik http://pratamaindomitra.co.id/registrasi

 

INFORMASI DAN REGISTRASI

Saifudin / Irkham
Phone: (021) 2963.4945; (021) 2963.4947; (021) 5010.0469
Facs: (021) 2963.4946
Mobile: 0857. 7797.3481 | 0857.1085.1052
E-mail : info@pratamaindomitra.co.id

 

PETA TEMPAT PELAKSANAAN

468 ad

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[BARU] Buku USKP Review 2017 - Volume AKLIK DI SINI
+ +