Pages Navigation Menu

Download Makalah Gratis

Akuntansi Dan Pajak Industri Hulu Minyak Dan Gas Bumi

cover makalah pajak

Pertambangan Minyak dan Gas Bumi (Migas) adalah salah satu andalan Indonesia dalam membangun ekonomi, begitu pentingnya kedudukan Migas maka pengaturan diadakan tersendiri, ke-eksklusifannya bukan hanya wilayah pertambangan tetapi juga pengusahaanya hanya menjadi kekuasaan negara. Sebelum tahun 1960 pengaturan masalah Migas masih tergabung dengan masalah pertambangan umum. Akan tetapi, sejak tahun 1960 dengan keluarnya UU No 44 Prp. 1960 tentang Migas pengaturan masalah Minyak dan Gas Bumi menjadi tersendiri.

Pengaturan bahwa minyak dan Gas Bumi menjadi kekuasaan negara disebutkan secara tegas dalam “Segala bahan galian minyak dan gas bumi yang ada didalam wilayah hukum pertambangan Indonesia merupakan kekayaan nasional yang dikuasai oleh Negara” (UU No 44 Prp.1960 Pasal 2). Berdasarkan penguasaan oleh negara ini kemudian ditegaskan bahwa Migas hanya diusahakan oleh perusahaan negara. Hal ini disebutkan dalam pasal 3 ayat (2) “Usaha pertambangan minyak dan gas bumi hanya diusahakan oleh Negara semata-mata”.

Oleh karena itu, Negara mendirikan perusahaan negara yang khusus untuk mengusahakan pertambangan Migas dengan nama PN Pertamina berdasarkan PP No 27 Tahun 1968. Namun, PP ini kemudian diganti oleh UU No 8 tahun 1971. Berdasarkan UU No 8 Tahun 1971 ini, PN Pertamina hanya disebut Pertamina sampai sekarang. Ini merupakan landasan hukum mengapa Pertamina yang berhak atas pertambangan migas. Jadi, kalau ada kandungan migas di wilayah rakyat, rakyat tidak berhak atas bahan tambang tersebut beserta akibat-akibatnya yang nanti akan dibahas pada tulisan selanjutnya.

Makalah ini secara komprehensif membahas aspek akuntansi dan pajak. Sistematika pembahasannya mencakup hal-hal di bawah ini. Untuk memahami aspek akuntansi dan pajak secara baik, diperlukan pemahaman pertambangan Migas secara baik pula. Untuk itu, pembaca akan diarahkan untuk mendalami tentang pertambangan Migas.

BAB I Sekilas Tentang Pertambangan Migas

I.1. Latar Belakang
I.2. Pengertian dan Pembagian Kegiatan Usaha
I.3. Kegiatan Usaha Hulu
I.4. Kegiatan Usaha Hilir
I.5. Ketentuan Peralihan dalam UU No. 22/2001
I.6. Sejarah Ringkas Kontrak Production Sharing (KPS)
I.7. Aspek Finansial KPS

BAB II Aspek Akuntansi Pertambangan Migas

II.1. PSAK 64 tentang Eksplorasi dan Evaluasi Sumber Daya Mineral
II.2. Klausul Akuntansi dalam Production Sharing Contract
II.3. Audits (Section XIV)
II.4. Accounting Procedure (Exhibit C)

BAB III Aspek Perpajakan Industri Hulu Migas

III.1. Ketentuan Umum
III.2. PPh Badan untuk Industri Migas
III.3 PPN untuk Industri Migas

Silahkan Download Makalah “Akuntansi Dan Pajak Industri Hulu Minyak Dan Gas Bumi” di Bawah ini!

PS: Silahkan share terlebih dahulu untuk membuka kunci, silahkan pilih share ke facebook atau ke twitter Anda. Setelah menekan tombol share dan Anda share ke akun social media, tombol download otomatis akan muncul dan Anda bisa langsung mengunduh file makalah di atas.

PS2: Apabila kesulitan silahkan baca petunjuk tatacara mengunduh di laman “Petunjuk Cara Download Makalah

468 ad

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[BARU] Buku USKP Review 2017 - Volume AKLIK DI SINI
+ +