Pages Navigation Menu

Gudang makalah gratis - Kumpulan Makalah Pajak, GCG, dan Akuntansi

Pasang Iklan Banners

Makalah Akuntansi Dan Pajak Untuk Usaha Real Estate

akuntansi-pajak-real-estate

Dikutip dari situs http://www.joehartanto.com, sebenarnya istilah real estate dan property, bahkan terkadang ada yang menyebutnya dengan istilah real property, memiliki satu arti yang sama. Dalam pandangan masyarakat di Indonesia, kadangkala sedikit terjadi pergeseran arti sehingga sebagian masyarakat, jika mendengar kata real estate, membayangkannya sebagai sebuah komplek perumahan yang memiliki lingkungan yang tertata rapi, suatu kawasan perumahan yg luas dan indah. Contohnya adalah kawasan komplek perumahan yang dikembangkan oleh grup developer besar seperti Sinar Mas dengan BSD City, Ciputra dengan Citraland Surabaya, Lippo dengan Lippo Karawaci, dan Bakrie dengan Bogor Nirwana Resort.

Makalah ini secara komprehensif membahas aspek akuntansi dan pajak. Sistematika pembahasannya mencakup hal-hal di bawah ini. Untuk memahami aspek akuntansi dan pajak secara baik, diperlukan pemahaman industri real estat secara baik pula. Untuk itu, pembaca akan diarahkan untuk mendalami seluk beluk bisnis real estat.

BAB I Sekilas Tentang Real Estate

I.1. Perbedaan Properti dan Real Estate
I.2. Aktivitas Pengembangan Real Estate
I.3. Perumahan

BAB II Aspek Akuntansi Untuk Real Estate

II.1. Pengakuan Pendapatan
II.2. Pengakuan Laba bila Metode Akrual Penuh Tidak Terpenuhi
II.3. Penjualan Bangunan Kondominium, Apartemen, Perkantoran, Pusat Perbelanjaan dan Bangunan Sejenis Lainnya serta Unit dalam Kepemilikan Time Sharing
II.4. Penjualan Kapling Tanah Tanpa Bangunan
II.5. Unsur-Unsur Biaya Pengembangan Proyek Real Estat
II.6. Perlakuan Akuntansi untuk Hal-hal Khusus

BAB III Aspek Pajak Untuk Real Estate

III.1. Kebijakan Fiskal untuk Real Estate yang Fluktuatif
III.2. Pembagian Fasilitas Pajak untuk Rumah
III.3. Aspek Perpajakan Real Estat
III.4. Referensi Perpajakan untuk Real Estat

BACA:  Tax Planning Vs Creative Accounting

Pembahasan kedua terkait dengan aspek akuntansi. Uraiannya mengacu pada PSAK 44: Akuntansi Aktivitas Pengembangan Real Estat yang berlaku efektif mulai 1 Januari 1998. PSAK ini menjelaskan aktivitas pengembangan real estat sebagai kegiatan perolehan tanah untuk kemudian dibangun perumahan dan atau bangunan komersial dan atau bangunan industri.

PSAK 44 ini pada awalnya dicabut dengan Pernyataan Pencabutan Standar Akuntansi Keuangan (PPSAK) No. 7 yang berlaku efektif secara bertahap mulai 1 Januari 2012 (untuk paragraf 47-48 dan 56-61) dan 1 Januari 2013 (untuk paragraf sisanya). Akan tetapi, melalui surat Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK IAI) nomor 0643/DSAK/IAI/IX/2012 tanggal 21 September 2012 diumumkan bahwa pemberlakuan PPSAK 7 tentang Pencabutan PSAK 44: Akuntansi Aktivitas pengembangan Real Estat yang berlaku efektif 1 Januari 2013 ditunda sampai tanggal yang akan ditentukan kemudian.

Pembahasan terakhir terkait dengan pajak. Bagaimanapun juga, sektor usaha realestat merupakan salah satu sektor usaha yang mendapatkan stimulus fiskal yang cukup banyak. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa rumah merupakan kebutuhan primer untuk kalangan masyarakat yang berpenghasilan rendah, sangat rendah dan kelompok berpenghasilan informal.

 

Mohon Maaf Link Sedang Diperbaiki

 

PS: Setelah klik link di atas akan muncul popup, Anda diminta untuk share ke facebook atau tweet ke twitter Anda, silahkan pilih. Setelah menekan tombol share, tombol download otomatis akan muncul dan Anda bisa segera mendownloadnya.

PS2: Apabila kesulitan silahkan baca petunjuk tatacara mengunduh di laman “Cara Download Makalah

About Heru Susanto

Pengelola Gudang-makalah.com ~ Bagian IT PT Pratama Indomitra Konsultan
468 ad

3 Comments

  1. kenapa pop up untuk share tidak muncul? padahal saya sudah membuka akun fb.

  2. Apakah tidak bisa membeli makalah ini secara online?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan & Jasa Review Produk & Jasa